Minggu, 30 April 2023

PK ONLINE PPKB GPAI 2023, KISI-KISI, MODUL, SOAL LATIHAN

PK ONLINE merupakan program dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI sebagai langkah yang paling tepat untuk menunjang dan mensukseskan program PPKB GPAI yang terdaftar dan aktif di SIAGA PENDIS. Jargon dari program ini adalah "JELAS PROFILNYA TEPAT PELATIHANNYA". 

PK ONLINE bukan ujian namun pemetaan kompetensi guru PAI Indonesia dengan tujuan program peningkatan kompetensi guru PAI tepat sasaran dan tepat materi pelatihannya, makanya PK ONLINE tidak ada sistem lulus atau tidak lulusnya namun bagi Guru PAI yang memperoleh nilai 91 - 100 berkesempatan untuk menjadi Pelatih Nasional, yang memperoleh nilai 81 - 90 berkesempatan menjadi Pelatih Provinsi, yang memperoleh nilai 71 - 80 berkesempatan menjadi Pelatih Daerah, yang memperoleh nilai 0 - 70 akan diberikan pelatihan PPKB GPAI sesuai dengan kebutuhan guru PAI tersebut berdasarkan hasil PK ONLINE. Materi soal pada PK ONLINE secara garis besar terbagi kepada 2 macam yaitu, Pedagogik dan Profesional. berikut ulasannya :
Materi Pedagogik dibagi menjadi 3 tema yaitu : 
1. PD 1: Perencanaan Pembelajaran
2. PD 2 : Model-Model Pembelajaran
3. PD 3 : Penilaian Pembelajaran
Materi Profesional dibagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Prof 1 : Pendalaman Materi Substantif PAI
2. Prof 2 : Publikasi Ilmiah
3. Prof 3 : Karya Inovatif
Jumlah soal pada PK ONLINE 100 butir soal dengan etimasi waktu pengerjaan 180 menit, artinya 1 soal wajib terjawab dalam waktu 108 detik. ujian PK ONLINE dilaksanakan berbasis domisili di akun SIAGA masing-masing Guru PAI dengan sistem LMS ( Learning Management System ). waktu pelaksanaanya menyesuaikan Zona masing-masing daerah yang sudah ditetapkan Kementerian Agama RI mulai tanggal 3 - 11 Mei 2023, bagi guru PAI yang berhalangan ujian pada tanggal tersebut maka bisa ujian susulan pada tanggal 15 - 16 Mei 2023. Selver ujian PK ONLINE di Siaga dibuka mulai jam 8:00 Wib - 16:00 Wib. Menu PK ONLINE baru akan muncul di website SIAGA PENDIS mulai tanggal 2 Mei 2023. 
PK ONLINE ini wajib diikuti oleh semua guru PAI yang terdaftar di SIAGA PENDIS, baik sebagai Kepala Sekolah ataupun Guru PNS, PPPK, Non PNS, bertugas di sekolah Negeri ataupun Swasta dari TK sampai SMA Sederajat. Konsekuensi bagai GPAI yang tidak ikut PK ONLINE adalah tidak memperoleh layananan apapun di Aplikasi Website SIAGA PENDIS.
Informasi lengkap tentang PK ONLINE PPKB GPAI 2023 bisa Bapak/Ibu tonton pada Chanel YOUTUBE MUHAMMAD ASRI silahkan tonton pada vidio berikut ini: 
 


Bagi bapak/ibu yang mau latihan menjawab soal-soal PK ONLINE silahkan klik link di bawah ini : TO PK ONLINE PPKB GPAI 2023
Untuk Modul lengkap PPKB PAI bisa bapak/ibu donwload dengan klik disini MODUL PPKB GPAI
ingin memperoleh modul dan buku yang lebih banyak silahkan kunjungi Website CENDIKIA KEMENAG

Sekian dulu informasi dari kami
salam dan bahagia bapak/ibu Guru PAI Hebat
Wassalamualaikum warohmatullahi Wabarakatuh
Penulis
M. Asri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Pembiasaan Pengamalan Ajaran Agama Islam di Sekolah

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter dan moral individu. Di banyak negara, pendidikan agama diintegrasikan dalam kuri...